Jumat, 18 Juli 2008

NItendo wii


GAME LAB
Featuring Nintendo Wii

GAMELAB kali ini HG bekerjasama dengan VGI dan Cavana Pondok Indah Mall 1. Temanya Konsol dan Game Nintendo Wii. Dalam acara ini semua yang berhubungan dengan Nintendo Wii dikupas habis, mulai dari konsolnya sampai game serta aksesorisnya. (sofi)

Diadakan pada hari minggu, 3 Juni 2007 pukul 15.00 WIB di Restoran Cavana, Pondok Indah Mall 1 lantai dasar. Selain para gamer yang sudah mendaftar sebelumnya, acara juga dimeriahkan oleh para gamer dari forum VGI. Dan sebagai pembicara HG mengundang Kelly P. Ramadhana yang merupakan pendiri sekaligus pemilik forum VGI.

Diawal acara Kelly membukanya dengan pengenalan terhadap Nintendo. Mulai dari sejarah Nintendo yang menurut sejarahnya Nintendo adalah yang pertama membuat konsol dengan stik D-Pad yang kemudian ditiru oleh perusahaan game lain, kemudian Nintendo jugalah yang pertama membuat stik analog dan juga fitur stik getar dengan tambahan baterai yang kemudian ditiru juga oleh perusahaan game lain dengan pengembangan dua buah analog dan fitur getar tanpa menggunakan baterai. Initinya disini diceritakan kalau Nintendo itu adalah perusahaan game yang inovatif dan diakui sebagai perusahaan game pelopor.

Setelah bercerita tentang sejarah kepeloporan Nintendo, Kelly kembali melanjutkan pembicaraannya dengan spesifikasi konsol Wii.

Sebenarnya spesifikasi hardware konsol Wii ini nggak perlu dibahas, bahkan kayaknya kurang menarik untuk dibahas, soalnya gamer pasti tau kalau spesifikasi konsol ini pasti kalah dalam segala hal kalau dibandingkan dengan PS3 dan Xbox360, terutama dalam hal tampilan gambar. Tapi ada yang beda dari Nintendo Wii dibandingkan konsol tersebut, konsol dan gamenya bisa berinteraksi (interaktif)!

Nah… setelah bicara mengenai spesifikasi, kayaknya gamer perlu tahu kelebihan-kelebihan dari Nintendo Wii yang lainnya. Yang pertama diperkenalkan oleh Kelly dalam Game Lab ini adalah fitur Mii, kalau dibaca dalam ejaan inggris bisa jadi “me” yang artinya “saya”. Fitur ini memang nggak terlalu penting, tapi kalu buat sekedar “fun” lumayan seru dan lucu, soalnya dalam fitur Mii ini kamu bisa membuat karakter yang sesuai dengan diri kamu. Kamu bisa membentuk karakter mulai dari bentuk kepala, warna kulit, bentuk hidung, kumis, mata, janggut, dan sebagainya. Pokoknya disini kamu bisa bikin karakter semirip mungkin dengan kamu atau kawan-kawan atau bahkan juga keluarga kamu, dan kamu bisa menggunakan karakter tersebut saat bermain bersama kawan atau keluarga. Seru kan!
Kelebihan lainnya yang dibicarakan disini diantaranya adalah fitur online yang dimiliki oleh Wii yang biasanya digunakan untuk mengupdate software atau game, bisa melakukan koneksi dengan fitur WiFi, dan ada fitur yang namanya firtual konsol yang gunanya adalah untuk mendownload dan memainkan game-game lama keluaran Nintendo. Jadi kalau ada gamer yang ingin mainin game-game retro bisa menggunakan fitur ini.

Setelah selesai dengan pembicaraan teori, Kelly melanjutkan dengan praktek! Dalam praktek, game yang digunakan adalah game tenis dari Wii Sport. Dan kelly meminta bantuan salah satu peserta GameLab yang belum pernah memainkan Nintendo Wii untuk mempraktekan gameplay Wii dengan bimbingannya. Disni dijelaskan mulai dari cara memegang Wii Mote dan Nunchuc, kemudian cara berinteraksi dengan gamenya, dan hasilnya memang lumayan asik main Nintendo Wii…

Setelah acara pengenalan terhadap Nintendo selesai, acara dilanjutkan dengan tanya-jawab. Untuk gamer yang masih belum jelas atau ada pertanyaan tentang Nintendo Wii bisa mengajukan pertanyaannya disesi ini. Salah satu pertanyaan dari peserta yang datang di GameLab ini adalah kenapa Nintendo memberi nama konsol barunya ini dengan nam Wii?

Memang nama tersebut adalah sekedar nama untuk sebuah produk, jadi nggak perlu mengandung arti… dan bahkan Nintendo sempat menyerahkan ke gamer untuk mencari sendiri arti dari nama tersebut… tapi banyak gosip yang menyebar dikalangan eksekutif gamer kalau “Wii” itu adalah pendekatan dari kata “we” atau dalam bahasa Indonesianya adalah “kita” yang maksudnya adalah konsol ini bisa dimainkan bersama-sama, atau mungkin ada maksud lainnya… kita serahkan kembali ke Nintendo aja deh!

Acara dilanjutkan dengan sebuah mini turnamen, game yang dilombakan adalah game Bowling dari Wii Sport dan peserta dibatasi hanya lima orang saja dan diambil dari peserta GameLab.

0 komentar: